Halaman

Model sepatu wanita untuk kuliah

Model Sepatu Wanita untuk Kuliah yang Nyaman dan Stylish


Model sepatu wanita yang digunakan para mahasisiwi untuk kuliah setiap hari idealnya juga bisa dipakai untuk aktivitas lain yang biasa dilakukan usai kuliah. Misalnya berjalan-jalan ke mall, bermain ke rumah teman atau aktivitas lain yang tidak bersifat formal. Karena itu model sepatu tersebut harus memiliki karakteristik casual dan trendy.

Pertimbangan lainnya adalah struktur atau desain sepatu yang mampu mendiostribusikan berat tubuh pemakainya secara proporsional, agar jika dipakai untuk suatu kegiatan yang membutuhkan waktu relatif lama tetap membuat penggunanya tidak merasa terganggu. Misalnya karena kakinya merasa menjadi panas dan berkeringat atau menyulitkan saat melakukan gerakan atau berada dalam posisi tertentu.

Dengan demikian model sepatu tersebut bisa dipakai dengan nyaman, baik dalam arti secara fisik dan secara psikologis merasa masih tetap trendy tanpa perlu mengganti sepatu dengan model lain setiap hari. Hal ini tentu saja tidak termasuk jika mahasiswi mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang memerlukan sepatu khusus, misalnya olahraga basket, bulu tangkis dan Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam).

Begitu pula jika kebetulan di kampus diselenggarakan seminar, simposium, diskusi panel, atau lokakarya yang melibatkan kehadiran peserta dari luar kampus, dan kebetulan melibatkan mahasiswi menjadi panitia, maka busana dan sepatu perlu disesuaikan. Penampilannya pun akan lebih baik dan sopan jika memakai sepatu bersifat formal dan resmi.

Model sepatu wanita untuk kuliah
Penampilan casual merupakan pilihan para mahasiswi di banyak negara.

Artikel ini hanya membahas model sepatu yang biasa dipakai para mahasiswi dalam kegiatan kuliah sehari-hari, bukan untuk event bersifat khusus. Karena untuk kegiatan kampus yang bersifat khusus diperlukan penampilan yang berbeda, tentunya tidak hanya sepatu tetapi juga padanan busana yang berbeda.

Meskipun pada prinsipnya fungsi sepatu untuk melindungi kaki, tetapi sebagai bagian dari perangkat fashion model sepatu juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Trend fashion yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat juga berdampak pula pada kehidupan kampus. Apalagi informasi perkembangan fashion bisa cepat diterima karena dukungan teknologi internet.

Dibandingkan dengan mahasiswi sepuluh tahun yang lalu misalnya, mahasiswi masa kini memiliki penampilan yang lebih menarik, cantik dan seksi. Mereka bisa menentukan penampilan yang dikehendaki berkat sentuhan fashion. Secara positif fashion membantu penampilan menjadi lebih menarik yang bisa memberikan kepercayaan diri lebih tinggi.

Trend fashion telah membuat model sepatu wanita untuk kuliah menjadi beragam. Flat berbahan jeans misalnya, saat ini sudah menjadi pemandangan biasa ketika dipakai para mahasiswi di kampus. Sama halnya dengan sneakers yang berpenampilan sebagai sepatu olah raga sudah bukan menjadi pemandangan yang janggal di banyak kampus. Selama bertahun-tahun sebelumnya, model sepatu yang umumnya dipakai hanya terbatas pada kitten heels dan pantofel atau loafers warna hitam.

Sepatu untuk ke kampus memiliki beberapa model
Model sepatu casual yang nyaman banyak disukai para mahasiswi.

Tetapi trend fashion tak menjangkau semua kampus, pada perguruan tinggi tertentu misalnya akademi Kepolisian. Model sepatu yang digunakan oleh para taruni sudah ditentukan secara khusus yang tidak terlepas dari program pembentukan sikap mental, agar kelak seusai pendidikan para taruni tersebut dapat melaksanakan  tugas dan kewajiban mereka sebagai penegak hukum yang profesional.

Meskipun model sepatu wanita terdiri dari banyak aplikasi sehingga bisa menjadi sampai beribu-ribu penampilan, tetapi dalam definisi nyaman, sopan dan terkesan santai sehingga pantas dipakai untuk kuliah, variannya menjadi terbatas. Anda harus menyisihkan dulu model stiletto dan seluruh varian cone heels yang termasuk kategori high heels.

Model sepatu tersebut selain membutuhkan keahlian tertentu untuk menguasai keseimbangannya juga akan membatasi gerakan agar terhindar dari resiko terkilir bahkan sampai terjatuh. Disamping itu kegiatan sehari-hari di kampus bukan kegiatan fashion show atau ajang untuk prnampilan yang paling cantik. Melainkan untuk menuntut ilmu dan menuai prestasi.

Jenis sepatu yang direkomendasikan


Flat atau sepatu hak datar masa kini memiliki penampilan yang beragam, dari style untuk fashion, casual bahkan untuk sepatu kerja. Hal ini disebabkan pengaruh beberapa hasil penelitian medis yang menyimpulkan bahwa sepatu flat yang sama sekali tanpa hak ternyata juga bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan kaki. Sementara itu kalangan fashion cenderung beranggapan bahwa definisi flat sebagai sepatu hak datar bukan sama sekali tanpa hak, melainkan memiliki hak di bawah 3,5 Cm seperti yang selama ini diterapkan secara konsisten oleh rumah mode Gucci dan Jimmy Chow.

Dengan alasan kesehatan dan mengacu pada definisi yang diterapkan oleh Gucci dan Jimmy Chow, sepatu hak datar memiliki tambahan ketinggian nhak setidaknya 3,5 Cm. Kondisi ini memberikan peluang yang sangat besar pada para desainer untuk mengaplikasi flat dengan beragam style. Meskipun masih disebut dengan sepatu flat, tak jarang saat didesain dengan ketinggian hak maksimum membuat penampilan flat dengan low heels menjadi sulit dibedakan.

Model sepatu flat yang bisa dikategorikan sebagai atau hak datar dalam pengertian benar-benar tanpa menggunakan hak yang masih sering dijumpai adalah model Ballerina. Tidak terdapatnya hak pada sepatu balet karena disesuaikan dengan fungsinya dimana telapak kaki sang penari harus tetap sensitif bisa merasakan pijakannya pada lantai.

Sedangkan di bagian ujung didesain secara khusus untuk tumpuan berat badan sang penari saat melakukan gerakan memutar di atas ujung jari-jari kaki. Model sepatu wanita yang mengadopsi sepatu balet ini disebut Balerina. Beberapa terdapat model yang sama persis, yakni tidak menggunakan hak sama sekali. Sebagian besar sudah dimodifikasi dengan tambahan hak, karena tujuannya memang bukan digunakan untuk menari balet. Jadi yang terakhir ini lebih layak pakai.

Wanita memerlukan model sepatu yang stylish untuk kuliah
Model Balerina yang tanpa hak kurang sehat jika dipakai secara terus menerus

Selain itu terdapat model lain, yakni Mocasin. Model sepatu asli milik suku Indian ini sejak benua Amerika belum dimasuki para pendatang dari Eropah memang didesain tanpa hak. Di masa itu belum ada teknologi yang memungkinkan untuk membuat hak sepatu, tetapi keunikan mocasin membuat banyak desainer mengadopsinya sehingga model ini tetap populer sampai sekarang.

Tidak berbeda dengan model balerina, desain yang mengadopsi persis model mocasin biasanya juga tidak memberikan tambahan hak di bagian belakang. Tetapi kebanyakan desainer sudah memodifikasi dengan memberikan tambahan hak, model mocasin yang memiliki hak ini direkomendasikan untuk mereka yang peduli pada kesehatan kaki.

Untuk kuliah diperlukan sepatu yang modis tapi nyaman dipakai
Model Mocasin yang diadopsi tanpa hak juga tak baik bagi kesehatan kaki.

Jenis sepatu yang paling tepat untuk para mahasiswi sesuai dengan aktivitasnya sehari-hari adalah sepatu hak datar atau flat shoes. Dengan pemahaman sepatu flat dalam definisi flat modern, yakni tidak datar sama sekali, melainkan memiliki tinggi hak antara 1 cm sampai 3,5 Cm yang merupakan batas minimal high heels. Tujuannya, agar berat beban tubuh penggunanya dapat terdistribusi secara proporsional ke seluruh permukaan telapak kaki.

Sepatu flat masa kini umumnya didesain dan diproduksi sesuai definisi tersebut. Kecuali sepatu flat model balerina yang memang mengadopsi model sepatu balet. Sedangkan model flat bisa beragam, bahkan tak terbatas, karena bisa diaplikasi dari beragam model dan style. Berbeda gambaran flat di masa lalu yang identik sebagai sepatu tanpa hak sama sekali dan selalu berujung bulat (round toe).

Alasan utama bahwa jenis flat ini direkomendasikan menjadi pilihan terbaik sebagai model sepatu untuk kuliah, karena umumnya usai kuliah masih dilanjutkan kegiatan lain. Sehingga sepatu yang dipakai akan mendominasi kaki para mahasiswi dalam jangka waktu yang cukup lama, karena itu pilihan yang salah bisa mengakibatkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Model sepatu flat wanita

Konstruksi atau bentuk hak untuk sepatu flat bisa tunggal dan terpisah. Hak yang berbentuk tunggal adalah sol bagian belakang ditinggikan, bentuk ini mirip dengan platform wedges tapi berukuran rendah. Sedangkan hak terpisah ditambahkan pada bagian tumit. Untuk hak terpisah ini biasanya menggunakan hak seperti yang biasa digunakan oleh sepatu pria. Model sepatu flat wanita masa kini banyak mengadopsi hak dari beragam model yang biasa digunakan oleh high heels.

Meskipun demikian, hak atau heel yang direkomendasikan adalah pilihan paling aman yakni hak tunggal atau hak terpisah konvensional yang bisa digunakan oleh sepatu pria. Pilihan ini juga didasarkan pada pertimbangan bahwa penampilan flat lebih ditentukan oleh bagian upper yang bisa berupa aplikasi dari beragam model tak terbatas.

Untuk para mahasiswi di Indonesia yang berorientasi pada kultur dan budaya timur tentunya memiliki batasan tentang pilihan model sepatu flat dengan batas-batas kelayakan tetapi tetap memiliki penampilan yang stylish. Karena tujuan ke kampus adalah untuk kuliah dan mengikuti kegiatan akademik di lingkungan kampus, bukan untuk unjuk penampilan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih model sepatu untuk kuliah adalah hindari memilih bagian depan sepatu yang memiliki gaya pointed toe atau berujung runcing. Style ini biasanya diaplikasikan untuk sepatu fashion karena penampilannya memang menarik, tetapi jari-jari kaki penggunanya akan merasa kurang nyaman karena harus berhimpitan. Tentu saja style ini tidak sesuai untuk mendukung kenyamanan dalam melaksanakan kegiatan kampus.

Kecuali jika digunakan oleh pemilik jari-jari kaki bertype Greek, yakni berbentuk meruncing, sehingga tidak akan berhimpitan dan bisa dengan mudah saat menggunakan sepatu berstyle pointed toe. Karena tidak semua wanita memiliki jari kaki bertype Greek, maka saran yang terbaik dan berlaku secara umum adalah menghindari sepatu yang berujung pointed toe style.

Model sepatu wanita untuk kuliah yang kini sedang ngetrend


Beragam aplikasi flat menjadi model sepatu favorit untuk kuliah
Beragam model dan aplikasi model sepatu yang modis dan stylish untuk kuliah.

Kreativitas di kalangan desainer ditunjang dengan perkembangan teknologi, terutama terkait dengan ditemukannya material baru untuk bahan sepatu membuat beragamnya pilihan model sepatu untuk melakukan berbagai aktivitas di kampus. Tidak hanya memberikan kenyamanan, mahasiswi masa kini bisa memilih model dan style sesuai ekpresi estetiknya agar bisa tampil lebih menarik.

Selain itu sepatu flat umumnya memiliki harga yang terjangkau. Pasalnya sebagai model sepatu yang diciptakan pertama kali di jaman prasejarah hingga terus bertahan sampai di jaman modern, model sepatu flat paling banyak dipakai manusia. Dengan demikian segmentasi pasar sepatu flat dipenuhi oleh banyak kompetitor, sehingga sesuai dengan hukum pasar, persaingan tersebut mengakibatkan turunnya harga.

Kondisi tersebut mengakibatkan produsen sepatu flat di kelas yang sama tidak lagi berani memainkan harga material. Satu-satunya alternatif adalah meningkatkan keunggulan desain. Hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen karena selain harga sepatu flat menjadi semakin terjangkau, pilihannya juga lebih banyak karena model yang ditawarkan pun lebih beragam.

Flat casual

Model sepatu yang direkomendasikan siantaranya adalah Canvas Flat Round Toe, model ini berbahan kain kanvas atau jean yang bertekstur lembut, bersifat casual, nyaman digunakan dan memiliki penampilan stylish. Model ini sangat cocok dipadukan dengan skinny jeans yang banyak disukai para mahasiswi. (Untuik mengetahui spesifikasi sepatu lebih rinci dan harganya, klik foto !).

Flat merupakan model sepatu wanita untuk dipakai kuliah Sepatu flat menjadi model pilihan untuk dipakai ke kampus

Model sepatu flat yang nyaman disukai mahasiswi Model sepatu Flat menjadi pilihan wanita untuk kuliah

Memakai sepatu flat wanita untuk kuliah Model sepatu flat wanita untuk mengikuti kegiatan kuliah

Kuliah dengan memakai sepatu wanita model flat Lebih nyaman kuliah dengan memakai sepatu wanita model hak datar

Model sepatu flat terhitung paling populer, paling banyak diaplikasikan dengan beragam style dan bahannya pun dikombinasikan dengan berbagai jenis material. Kesan casualnya  akan lebih menonjol jika flat dibuat dari bahan suede, canvas atau kain jeans. Flat yang dibuat dari bahan kulit asli atau sintetis seperti layaknya sepatu formal akan mengakibatkan terkesan amburadul karena desainnya disiapkan untuk sepatu casual.

Man Shoes Style 

Sepatu yang mengadopsi model sepatu pria ini merupakan pilihan kedua. Sekilas penampilannya tak berbeda dengan model Oxford, tetapi karena didesain untuk sepatu casual, detailnya cenderung lebih modis. Meskipun demikian model sepatu ini cocok digunakan untuk berbagai aktivitas di lingkungan kampus, bahkan juga dipakai berjalan-jalan ke mall pun masih mengesankan modis.

Man shoes style merupakan model sepatu wanita untuk dipakai kuliah

Sepatu man shoes style menjadi model pilihan untuk dipakai ke kampus Model sepatu man shoes style yang nyaman disukai mahasiswi

Model sepatu man shoes style menjadi pilihan wanita untuk kuliah

Wanita sangat modis memakai sepatu man shoes style untuk kuliah Model sepatu man shoes style untuk wanita mengikuti kegiatan kuliah

Kuliah dengan memakai sepatu wanita model man shoes style

Lebih nyaman kuliah dengan memakai sepatu wanita tapi bergaya pria Lebih nyaman kuliah dengan memakai sepatu wanita gaya man shoes

Bagi anda yang ingin tampil lebih tinggi tanpa perlu menanggung resiko seperti menggunakan stiletto high heels bisa memanfaatkan “hak tinggi tersembunyi” yang terdapat dalam sepatu bergaya pria ini. Karena penampilannya yang macho, kekar dan terkesan besar, maka haknya yang tinggi tidak nampak dominan. Sehingga jika Anda memilih man shoes style tinggi badan Anda akan bertambah beberapa Cm, sementara saat beraktivitas Anda juga tidak akan terganggu karena meskipun tinggi sepatu ini menggunakan hak berukuran besar.

Booties

Flat Ankle Booties atau flat model sepatu boots setinggi mata kaki, dibuat dari bahan kulit hingga canvas atau kain jean. Selain stylish model ini berfungsi melindungi seluruh bagian pergelangan kaki ke bawah dengan cara memakai yang beragam, sebagian didesain menggunakan tali, sebagian lainnya menggunakan zipper. Ada pula model yang mengaplikasi gaya Chelsea.
Booties style merupakan model sepatu wanita untuk dipakai kuliah Sepatu booties style menjadi model pilihan untuk dipakai ke kampus

Model sepatu booties yang nyaman disukai mahasiswi

Model sepatu booties menjadi pilihan wanita untuk kuliah Wanita sangat modis memakai sepatu booties style untuk kuliah

Model sepatu booties untuk wanita mengikuti kegiatan kuliah

Kuliah dengan memakai sepatu wanita model booties Lebih nyaman kuliah dengan memakai sepatu wanita tapi bergaya booties.

Kuliah dengan memakai model sepatu wanita bergaya booties

Tidak semua booties menggunakan hak datar, sebagian juga berhak tinggi tetapi dengan gaya chunky sehingga kestabilannya lebih terjamin. Seperti halnya memakai man shoes style, pengguna dapat memanfaatkan hak chunky untuk menambah ukuran tinggi badan dengan tetap memakai sepatu yang nyaman dan beraktivistas dengan aman.

Model sepatu wanita yang terpopuler : Sneakers


Model sepatu wanita untuk kuliah yang juga populer dan banyak dipakai para mahasiswi adalah Sneakers. Sepatu unisex atau bisa dipakai oleh pria dan wanita ini umumnya memilik bentuk insole yang didesain sesuai dengan lekukan telapak kaki. Selain nyaman digunakan juga mendistribusikan berat badan secara seimbang dan proporsional sehingga lebih menjamin kesehatan kaki penggunanya.

Model sepatu wanita untuk kuliah yang juga populer dan banyak dipakai para mahasiswi adalah Sneakers. Sepatu unisex atau bisa dipakai oleh pria dan wanita ini umumnya memiliki bentuk insole yang didesain sesuai dengan lekukan telapak kaki dan menggunakan sol dari karet. Sehingga sekalian nyaman digunakan juga menjamin pendistribusian berat badan penggunanya secara seimbang dan proporsional.

Awalnya sepatu model ini lebih dikenal sebagai sepatu olah raga karena penampilannya memang mirip sepatu tersebut. Padahal jika dicermati sepatu untuk cabang olah raga tertentu memiliki karakteristik yang berbeda dengan cabang olah raga lainnya. Tetapi karena kelebihannya sneakers dengan cepat diterima di semua kalangan dan kini desainnya pun makin beragam, umumnya diaplikasi agar penampilan lebih fashioned.

Sneakers merupakan model sepatu wanita untuk dipakai kuliah Sepatu sneakers style menjadi model pilihan untuk dipakai ke kampus

Model sepatu sneakers yang nyaman disukai mahasiswi

Model sepatu sneakers menjadi pilihan wanita untuk kuliah Wanita sangat modis memakai sepatu sneakers untuk kuliah

Model sepatu sneakers untuk wanita mengikuti kegiatan kuliah

Kuliah dengan memakai sepatu wanita model sneakers Lebih nyaman kuliah dengan memakai sepatu wanita tapi bergaya sneakers

Kuliah memakai sepatu wanita sneakers lebih bergaya dan nyaman

Hak yang digunakan sneaker tidak hanya sebatas hak rendah, sebagian diaplikasikannya dengan hak yang lebih tinggi tetapi tidak berbanding terjal antara tumit dengan jari-jari kaki karena diaplikasi dengan platform. Penggunanya bisa menambah tinggi badan beberapa Cm dengan tetap menggunakan sepatu yang nyaman. Itulah salah satu daya tarik sneakers sehingga meskipun berpenampilan dominan sebagai sepatu olah raga tetapi pelan-pelan diterima menjadi bagian dari sepatu fashion.

Tags : model-sepatu-wanita-untuk-kuliah

Artikel Terkait dengan “Model sepatu untuk kuliah yang Nyaman dan Stylish ” :
01. Model Sepatu Yang Wajib Dimiliki Wanita
02. Model Sepatu Wanita Untuk Kaki Besar
03. Model Sepatu Wanita Untuk Betis Besar
05. Model sepatu casual wanita terbaru 2016
06. Apa Model dan Warna Sepatu Wanita untuk Wisuda ?
07. Bagaimana Model Sepatu Wanita Tahun Depan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar